Info

Mohon maaf atas ketidak nyamanan tampilan blog ini

Monday, December 10, 2012

Robert Baden Powell



Siapa yang mengira Pramuka didirikan oleh seorang agen Inggris yang terkenal, Lord Robert Baden-Powell. Sejarah Pramuka ini dimulai ketika Baden Powell bertugas di perang Boer II di Afrika Selatan pada tahun 1899. Ditempatkan di Afrika Selatan dengan 500 tentara dan persenjataan terbatas, Baden Powell menghadapi pengepungan selama 217 hari oleh tentara Boer dengan jumlah pasukan 8.000 orang. Untuk mempertahankan wilayah tersebut, ia menggunakan segala yang dimilikinya dengan cara-cara yang cerdik. Dia memerintahkan anak buahnya untuk menanam ranjau palsu di pinggir kota dan berpura-pura menghindari kawat berduri untuk menghadang musuh. Jumlah pasukan yang minim tidak menjadi penghalang, Baden Powell melibatkan semua pemuda untuk bertindak sebagai penjaga. Dengan segala kecerdikannya dia berhasil melindungi wilayahnya hingga bantuan dari Inggris akhirnya tiba.

Cerita tersebut telah menjadikannya seorang pahlawan di Inggris setelah kepulangannya pada tahun 1903. Baden Powell menggunakan popularitasnya untuk memulai gerakan kepanduan. Sementara itu, Baden Powell tetap aktif di miiter, bekerja sebagai mata-mata.

Baden Powell menulis kisahnya ke dalam buku yang berjudul “My Adventure as a Spy”. Dalam buku tersebut dia bercerita bagaimana dia berpura-pura menjadi seorang Amerika untuk mengumpulkan informasi dari Jerman, dan cerita bagaimana dia telah berhasil menangkap tiga orang mata-mata seorang diri.

source : kaskus

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda disini

Facebook Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...